Raperda DPRD Nganjuk : Lindungi Pasar Tradisional

indonesiasatu, 17 Feb 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

NGANJUK - Rapat paripurna yang di dilaksanakan di Gedung DPRD Nganjuk membahas raperda terkait angkutan kendaraan di tambang dan berupaya melindungi pasar tradisional dari gempuran pasar modern yang kini tumbuh dan berkembang pesat di daerah ini.Senin (11/2/2019) 

Ketua DPRD Nganjuk Puji Santoso, mengatakan upaya melindungi pasar tradisional dituangkan dalam penyusunan rancangan peraturan daerah (raperda) perlindungan pasar tradisional dan pengaturan penataan pasar modern.

“Raperda tersebut tidak bermaksud untuk menolak kehadiran pusat perbelanjaan atau toko modern di Kabupaten Nganjuk, tetapi hanya untuk mengatur saja,” ucapnya lagi.

Raperda ini, kata dia, lebih bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan pedagang yang ada di Nganjuk serta mewujudkan sinergi yang saling memerlukan dan memperkuat antara pusat perbelanjaan atau toko modern dengan pasar tradisional, UMKM, koperasi maupun pedagang kaki lima.

Pengaturan tersebut, kata Puji lagi, mendorong masing-masing potensi dapat tumbuh dan berkembang lebih cepat untuk mewujudkan tata perdagangan dan pola distribusi yang mantap, lancar, efisien dan berkelanjutan.

“Jadi nantinya diperlukan prasyarat pengaturan dan penataan keberadaan dan pendirian pusat perbelanjaan dan toko modern di suatu wilayah tertentu agar tidak merugikan dan mematikan pasar tradisional, mikro, kecil, menengah dan koperasi yang telah ada,” sambungnya

Sementara Wakil Bupati Marhaen Djumadi mengatakan, bahwa pada prinsipnya toko modern bekerja sama dengan toko tradisional antara lain barang produksi dari UMKM harus dijual di toko modern Selain Raperda pengaturan pasar modern, pihaknya juga bakal membahas Raperda Pengajuan Pelaksanaan Arah dan Perlindungan Kearifan Lokal.

Raperda ini, kata Marhaen, sebagai penghormatan dan pengakuan serta perlindungan pemerintah daerah akan hak-hak masyarakat adat di wilayah Kabupaten Nganjuk.(adv/hari/kla)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami